Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal Saat Hujan

2 min read

Cara Mengatasi K Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal Saat Hujan

Cara Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal Saat Hujan – Hujan adalah fenomena alam yang tidak bisa dihindari, bukan cuma sinyal siaran parabola saja yang bisa terganggu jika turun hujan. Tetapi sinyal – sinyal lain seperti sinyal operator seluler, sinyal frekuensi UHF juga akan mengalami hal sama, hal ini dikenal dengan istilah Rain Fade. Cara mengatasi sinyal terganggu atau sering hilang, yaitu dengan memperkuat sinyal Ku Band.

Bukan rahasia lagi jika sinyal siaran pada jalur Ku Band memang sangat rentan terhadap awan mendung serta curah hujan tinggi. Berbeda dengan sinyal pada spektrum frekuensi C Band dan S Band yang cenderung lebih stabil jika terjadi hujan lebat. Hal inilah yang membuat satelit C Band begitu populer di Indonesia ketimbang Ku Band.

Bagi para pengguna Ku Band seperti K-Vision, Ninmedia, Garmedia dan lain-lain pastinya sudah tidak kaget lagi dengan permasalahan ini atau sudah sering mengalami siaran hilang sinyal saat hujan. Kualitas sinyal akan mulai mengalami penurunan pada saat muncul awan hitam dilangit, akan bertambah parah jika selanjutnya terjadi hujan lebat, sebab sering terjadi sinyal siaran akan hilang.

Lalu bagaimana solusi atau cara mengatasi parabola Ku Band sering hilang sinyal saat hujan, khususnya dalam hal ini yaitu provider K-Vision? Nah untuk itu diartikel kali ini teknisitv akan membagikan informasi mengenai permasalahan tersebut yakni cara mengatasi K-Vision Ku Band sering hilang sinyal saat hujan. Jadi buat yang ingin mengetahui atau penasaran mengenai cara mengatasi permasalahan K-Vision Ku Band sering hilang sinyal, bisa simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal Saat Hujan

Cara Mengatasi K Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal Saat Hujan.

Sedikit telah dijelaskan diatas bahwa untuk untuk mengatasi K-Vision Ku Band sering hilang sinyal saat hujan yaitu dengan cara memperkuat sinyal K-Vision Ku Band. Nah untuk memperkuat sinyal K-Vision Ku Band ada beberapa langkah atau cara yang bisa dilakukan supaya kualitas sinyal ditangkap dapat maksimal. Berikut langkah-langkah atau cara mengatasi K-Vison Ku Band sering hilang sinyal saat hujan :

1. Siapkan Peralatan Cara Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal

Sebelum masuk ke prosesnya, siapkan peralatanya terlebih dahulu untuk memperlancar proses pemasangan, berikut peralatan yang dibutuhkan :

  • Dish parabola dengan diameter 185 cm atau lebih
  • LNB Ku Band jenis Prime Fokus
  • Receiver K-Vision Cartenz

2. Tracking Parabola

Berikut langkah tracking parabola untuk mendapat sinyal terkuat supaya sinyal tidak sering hilang saat terjadi hujan.

1. Pasang atau tempatkan parabola pada posisi tidak ada penghalang apapun di sekitarnya. Kemudian Pasang dan Pastikan tiang penyangga parabola tegak lurus 0 derajat

Pasang dan Pastikan tiang penyangga parabola tegak lurus 0 derajat

2. Setelah semua terpasang dengan benar, langkah selanjutnya yaitu pencarian sinyal siaran. Pertama pasang LNB Prime Fokus pada tiang anak dalam parabola dan arahkan posisi konektor LNB ke arah selatan tenggara.

arahkan posisi konektor LNB ke arah selatan tenggara

3. Kemudian hubungkan kabel konektor LNB ke Receiver, lalu nyalakan receiver.

hubungkan kabel konektor LNB ke Receive

4. Setelah itu tekan tombol Menu, lalu arahkan ke kolom instalasi.

arahkan ke kolom instalasi.

5. Setelah itu arahkan dish parabola ke arah satelit Measat 3A, lalu kencangkan baut penyangga (jangan terlalu kencang karena untuk proses tracking)

arahkan dish parabola ke arah satelit Measat 3A

6. Kemudian turunkan dish dari posisi satelit Telkom 4 di 118 derajat bujur timur secara perlahan sambil perhatikan layar televisi, jika bar sinyal sudah pada posisi satelit Measat 3a lalu geser kekiri dan kanan sampai muncul sinyal siaran.

geser kekiri dan kanan sampai muncul sinyal siaran

7. Jika sinyal siaran sudah pada posisi maksimal dan terkuat, kencangkan baut penyangga sampai benar-benar aman dan tidak mudah berubah jika terkena angin.

kencangkan baut penyangga

Mengapa Sinyal Sering Hilang Saat Hujan

Mengapa Sinyal Sering Hilang Saat Hujan

TV satelit aatau parabola memakai frekuensi EM dalam jangkauan gelombang mikro, panjang gelombang ini sekitar 1 mm -1 m dengan frekuensi radio 0,3 – 300 GHz. Gelombang mikro ini sangat mudah diserap air, jadi pada saat terjadi hujan kekuatan sinyal yang dipancarkan satelit akan menurun. Semakin tinggi curah hujan yang terjadi bisa mengakibatkan kekuatan sinyal semakin menurun, bahkan bisa sampai hilang. Kekuatan sinyal mulai mengalami penurunan pada saat sudah muncul awan hitam/mendung, sebab awan mendung tersebut berisi kumpulan uap air yang memadat. Jadi walaupun hujan sudah reda namun kondisi cuaca masih mendung, sinyal belum bisa normal kembali.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi K-Vision Ku Band sering hilang sinyal saat hujan yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Paralel TV Kabel

Budi
2 min read

Transistor NPN dan PNP

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *