Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Mengembalikan Channel TV Yang Terhapus

2 min read

Cara Mengembalikan Channel TV Yang Terhapus
Advertisements

Cara Mengembalikan Channel TV Yang Terhapus – Perubahan frekuensi siaran parabola atau perubahan konfigurasi transponder pada TV satelit merupakan hal yang wajar serta diluar kendali pengguna TV satelit. Tetapi tidak ada salahnya jika pengguna belajar dan mengetahui cara mengantisipasi atau perbaikan channel TV yang terhapus/hilang pada parabola TV satelit.

Cara mengembalikan channel TV yang terhapus pada parabola penting diketahui sebab pada beberapa channel sering terjadi perubahan atau berganti frekuensi, sehingga menyebabkan channel hilang / terhapus. Pastinya para pengguna parabola ada yang pernah mengalami kejadian tersebut, baik pengguna parabola mini, jaring maupun pengguna TV berbayar.

Selain karena adanya perubahan frekuensi yang dilakukan oleh penyedia layanan, channel TV yang terhapus atau hilang biasanya disebabkan karena kesalahan pengguna sendiri dalam pengoperasian TV satelit. Lalu bagaimana cara mengembalikan channel TV yang terhapus tersebut?

Advertisements

Maka untuk menjawab pertanyaan tersebut, di kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi seputar permasalahan tersebut, tepatnya yaitu cara mengembalikan channel TV yang terhapus. Jadi bagi yang sedang mencari informasi atau kebingungan mengenai cara mengembalikan channel yang terhapus pada TV satelit, bisa simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengembalikan Channel TV Yang Terhapus

Cara Mengembalikan Channel TV Yang Terhapus.

Channel terhapus atau hilang yang dimaksud disini adalah bukan karena tidak ada sinyal, melainkan nama channel yang terhapus pada daftar list saluran TV di receiver. Untuk mengembalikan channel yang terhapus ada 2 cara yang bisa dilakukan, berikut ini penjelasan masing – masingnya :

1. Mengembalikan Channel TV Dengan Cara Scan Ulang (Rescan)

Cara pertama mengembalikan channel TV yang terhapus adalah dengan melalukan scan ulang. Bisa dibilang cara ini adalah cara termudah untuk mengembalikan channel – channel yang terhapus, bahkan untuk pengguna pemula sekalipun. Sebab jika sinyal masih terlock, cukup dilakukan scan ulang saja melalui menu setting satelit untuk mengembalikan channel yang terhapus. Berikut langkah – langkah scan ulang untuk mengembalikan channel yang terhapus :

1. Pertama masuk ke Menu Pengaturan dan pilih Instalasi.

masuk ke Menu Pengaturan dan pilih Instalasi

2. Selanjutnya pilih opsi Satelit.

pilih opsi Satelit
Advertisements

3. Setelah itu klik opsi Pilih Satelit, pastikan intensitas dan kualitas sinyal ada (diatas 50%).

klik opsi Pilih Satelit

4. Kemudian tekan tombol Biru.

tekan tombol Biru

5 Maka akan muncul tampilan pilihan pencarian (scan mode), pilih Blind scan untuk memulai pencarian.

muncul tampilan pilihan pencarian scan mode

6. Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian 100%.

Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian 100

7. Jika proses Blind scan selesai, maka seluruh transponder yang ditangkap parabola akan muncul di receiver.

seluruh transponder yang ditangkap parabola akan muncul di receiver.

Kekurangan mengembalikan channel yang terhapus dengan cara ini yaitu channel yang didapat urutannya sesuai channel yang terlock, jadi untuk mengurutkan channel seperti sebelum terhapus harus dilakukan pengurutan channel secara manual melalui menu edit channel.

2. Mengembalikan Channel Dengan Cara Impor Database

Cara mengembalikan channel yang terhapus kedua yaitu dengan cara melakukan impor database. Mengembalikan channel yang terhapus dengan cara ini, memungkinkan untuk mengembalikan channel seperti sedia kala. Artinya jika impor database selesai, maka urutan channel akan sama persis seperti daftar channel sebelum terhapus.

Kekurangan mengembalikan channel yang terhapus dengan cara ini adalah dibutuhkanya flashdisk untuk media penyimpanan database channel. Ini mengandung arti bahwa database channel perlu di backup, jadi jika sewaktu terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti channel terhapus tidak perlu repot -repot lagi melakukan scan ulang.

Penyebab Channel TV Terhapus Atau Hilang

Penyebab Channel TV Terhapus Atau Hilang

Secara garis besar penyebab channel TV terhapus pada parabola terbagi menjadi dua, yaitu penyebab dari sisi penyedia layanan dan dari pengguna. Jika penyebabnya dari penyedia layanan, maka yang terkena adalah seluruh pengguna layanan tersebut, sebaliknya jika penyebabnua dari pengguna itu sendiri maka tidak akan berpengaruh ke pengguna lain.

Beberapa alasan pihak penyedia layanan mengganti , merubah menambah dan mengurangi jumlah channel maupun transponder diantaranya seperti panataan channel atau transponder, memaksimalkan isian channel pada satu transponder (efisiensi). Selain itu bisa juga karena kontrak transponder yang telah habis, pembaruan transponder berdasarkan jenis layanan yang akan diberikan ke pelanggan tv berbayar.

Sedangkan jika penyebabnya karena dari pengguna sendiri, sebelumnya cari tahu dulu kira – kira penyebabnya apa, hanya salah satu channel yang terhapus atau semua, apakah antena bergeser karena habis hujan angin, parabola terhalangi sesuatu dan sebagainya. Selain itu channel terhapus juga bisa terjadi karena kesalahan dalam pengoperasian oleh pengguna, misalnya ketidaksengajaan mengganti frekuensi LNB, mengganti angka pada switch atau merubah frekuensi transponder satelit tertentu, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara mengembalikan channel TV yang terhapus yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *