Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Menghubungkan HP ke TV Dengan Kabel Data

2 min read

Cara Menghubungkan HP ke TV Dengan Kabel Data
Advertisements

Cara Menghubungkan HP ke TV Dengan Kabel Data – Dulu mungkin kita berfikir bahwa menhubungkan ponsel ke perangkat TV merupakan hal yang tidak mungkin, sebab keduanya memang dua teknologi yang berbeda. Namun seiring perkembangan zaman dan juga kemajuan di bidang teknologi hal tersebut, yaitu menghubungkan HP ke TV dengan kabel data bukanlah hal yang mustahil atau tidak dapat dilakukan.

Menghubungkan Hp ke TV dengan kabel data biasanya dilakukan untuk keperluan seperti menonton vodeo, bermain game dan lain – lain. Kegiatan bermain game, menonton video dan lainnya menggunakan layar lebih besar tentu saja akan lebih memberikan kepuasan jika dibandingkan dengan layar Hp yang ukurannya kecil.

Menghubungkan ponsel ke TV dengan kabel data tidaklah susah, bahkan bisa dibilang sangat mudah untuk dilakukan. Namun masih ada beberapa orang masih mengalami kebingungan untuk melakukannya.

Advertisements

Untuk itu disini teknisitv akan membagikannya untuk anda langkah – langkah cara melakukannya, yaitu cara menghubungkan Hp ke TV dengan kabel data. Jadi bagi yang masih merasa kebingungan bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Menghubungkan HP ke TV Dengan Kabel Data

Menghubungkan HP ke TV Dengan Kabel Data

Menghubungkan Hp ke sebuah perangkat televisi sebenarnya bisa dilakukan melalui beberapa cara, baik itu menggunakan kabel maupun tanpa kabel. Namun yang di bahas kali ini yaitu cara menghubungkan hp ke TV dengan kabel data atau USB. Jadi agar bisa dilakukan, dibutuhkan kabel HDMI berjenis micro SD USB to HDMI bukan kabel USB yang biasa digunakan untuk mengisi baterai. Berikut langkah – langkah cara menghubungkan ponsel ke TV dengan kabel data yang bisa anda ikuti :

1. Pertama siapkan kabel HDMI disesuaikan dengan Hp (micro USB/ tipe C)

siapkan kabel HDMI disesuaikan dengan Hp

2. Kemudian sambungkan kabel HDMI keport HDMI pada TV, dan ujung lainnya port USB di ponsel.

sambungkan kabel HDMI keport HDMI pada TV dan ujung lainnya port USB di ponsel
Advertisements

3. Selanjutnya nyalakan TV.

nyalakan TV

4. Maka pada layar Hp akan muncul notifikasi, lalu pilih opsi HDMI.

pilih opsi HDMI

5. Setelah itu tampilan layar Hp akan diproyeksikan ke layar TV.

tampilan layar Hp akan diproyeksikan ke layar TV

Menghubungkan HP ke TV Dengan Cara Lain

Menghubungkan HP ke TV Dengan Cara Lain

Selain menggunakan kabel data atau micro SD USB to HDMI, ada beberapa cara lagi menghubungkan ponsel ke TV yaitu :

1. All Share

All Share (Samsung Link) merupakan fitur yang berfungsi untuk sharing layar Hp dan layar televisi secara wireless. Fitur ini ada pada Hp Samsung khususnya seri Samsung Galaxy.

2. AirPlay

Bagi pengguna iPhone untuk menghubungkan Hp ke TV dapat menggunakan fitur AirPlay. Bisa dikatakan fitur AirPlay ini merupakan wujud lain dari Miracast. Fitur ini AirPlay ini hanya diperuntukan khusus untuk produk – produk dari Apple yang berbasis Mac saja.

3. Chromecast

Chromecast merupakan sebuah perangkat keluaran dari google yang digunakan untuk streaming konten multimedia dan juga menikmati koneksi internet. Perangkat ini juga bisa digunakan pada jenis TV LCD/LED apapun, tidak harus Smart TV.

4. Miracast

Agar bisa menggunakan alat ini untuk menghubungkan ponsel dengan TV, kedua perangkat baik itu Hp maupun TV haruslah support dengan Miracast. Dengan perangkat ini kita bisa langsung menghubungkan ponsel dengan TV secara wireless.

5. Wi Di

Tidak jauh berbeda dengan Miracast, Wi Di (Intel Wireless Display) merupakan bentuk teknologi intel pada teknologi miracast untuk perangkat PC/Laptop.

6. Kabel HDMI

Kemudian cara menghubungkan Hp dengan TV berikutnya yaitu dengan memakai kabel HDMI. Cara ini bisa dibilang cara yang paling mudah dan praktis karena hanya perlu mencolokan kabel HDMI ke port – port yang ada pada ponsel maupun TV. Disini jenis kabel HDMI yang digunakan yaitu jenis kabel HDMI dengan konektor micro HDMI to HDMI.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara menhubungkan Hp ke TV dengan kabel data yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *