Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV Tanpa Infrared

2 min read

Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV Tanpa Infrared

Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV Tanpa Infrared – Televisi merupakan salah satu perangkat elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan TV kita bisa mendapatkan berbagai informasi baik dari dalam negri maupun dunia internasional, Selain informasi, tentunya berbagai hiburan bisa didapatkan pula.

Seiring dengan kemajuan dibidang teknologi, televisipun mengalami perkembangan sangat cepat, baik dari segi bentuk, mesin maupun kinerjanya. Salah satu evolusi terbaru dari televisi saat ini yakni Smart TV, dimana merupakan jenis televisi canggih dan cukup kompleks mirip seperti Smartphone. Dengan segala kecanggihan yang dimiliki sebuah perangkat televisi kita sering dihadapkan pada persoalan tentang remote TV, entah remote itu rusak atau bahkan remote hilang.

Jika hal tersebut terjadi, salah satu solusi mengatasinya yaitu dengan mamanfaat kan smartphone atau HP. Disini penggunaan teknologi yang menjadikan HP sebagai remote merupakan suatu langkah yang sangat membantu dalam mengatasi permasalahan remote TV rusak ataupun hilang. Cara menjadikan HP sebagai remote tidaklah sulit untuk dilakukan, terlebih jika pada HP terdapat sensor infrared.

Jika Hp Android yang digunakan mempunyai fitur infrared maka bisa secara langsung menginstall aplikasi remote TV universal, sudah banyak aplikasi semacam ini di Google Play Store maupun penyedia aplikasi gratis lainnya. Namun bagaimana jika Hp yang dipakai tanpa infrared, apakah bisa menjadikan HP sebagai remote tanpa infrared? Untuk itu dikesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi seputar hal tersebut, yaitu cara menjadikan HP sebagai remote TV tanpa infrared. Jadi bagi yang penasaran atau ingin mengetahuinya, simak ulasan dari teknisitv mengenai cara menjadikan HP sebagai remote TV tanpa infrared berikut ini.

Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV Tanpa Infrared

Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV Tanpa Infrared.

Menjadikan HP sebagai remote TV dengan bantuan aplikasi merupakan salah satu cara mengatasi permasalahan Yang terjadi pada remote TV, baik itu karena rusak ataupun remote TV hilang. Untuk HP yang tidak memiliki atau tanpa fitur infrared, bisa dilakukan dengan cara mengunduh dan menginstall aplikasi remote TV tenpa infrared. Berikut beberapa aplikasi remote TV tanpa infrared yang untuk bisa menjadikan HP sebagai remote TV tanpa infrared :

1. Remote TV Samsung Smart View

Remote TV Samsung Smart View

Aplikasi remote TV tanpa infrared satu ini secara khusus dihadirkan oleh produsen Smartphone Samsung Electronics, dimana bisa digunakan sebagai remote Smart TV keluaran Samsung (bukan TV Tabung atau TV lama).

2. Smart TV Remote

Smart TV Remote

Kemudian aplikasi remote TV tanpa infrared selanjutnya yaitu Smart TV Remote, aplikasi ini dapat digunakan dengan dukungan WiFi. Untuk mengontrol Smart TV, aplikasi ini digunakan melalui jaringan WiFi.

3. Menjadikan HP Sebagai Remote Dengan Aplikasi Remote LG TV Plus

Aplikasi Remote LG TV Plu

Merupakan aplikasi remote TV tanpa infrared sebagai support untuk TV merek LG, supaya bisa bekerja dengan baik minimal Hp sudah menggunakan Android versi 6.0.

4. Remote TV Universal ZaZa Remote

Remote TV Universal ZaZa Remote

Merupakan salah satu aplikasi Remote TV tanpa infrared terbaik yang sudah banyak digunakan para pengguna HP Android, selain sebagai remote TV, juga bisa sebagai Remote DVD, AC, kamera DSLR serta proyektor.

Nah itu dia kumpulan daftar aplikasi remote TV tanpa infrared yang bisa digunakan untuk menjadikan ponsel sebagai remote TV tanpa infrared. Agar bisa mengetahui apakah aplikasi tersebut bekerja atau tidak, tentu harus dicoba terlebih dahulu.

Langkah-Langkah Menjadikan Ponsel Sebagai Remote TV Tanpa Infrared

Langkah Langkah Menjadikan Ponsel Sebagai Remote TV Tanpa Infrared

Sebagai contoh cara menjadikan HP sebagai remote TV tanpa infrared, disini teknisitv akan menggunakan ZaZa remote. Berikut cara atau langkah-langkahnya :

1. Download aplikasi ZaZa Remote kemudian buka, lalu klik ikon Menu dipojok kiri atas, selanjutnya klik ikon (+)

buka ZaZa remote

2. Setelah itu klik Pilih Perangkat yang Diinginkan (TV, DVD atau AC)

Pilih Perangkat yang Diinginkan

3. Berikutnya cari Merk perangkat TV yang di setting remote nya

cari Merk perangkat TV

4. Kemudian setelah pilih Nama Merk Perangkat, lalu tekan tombol Power

tekan tombol Power

5. Selesai, Hp bisa berfungsi sebagai remote TV tanpa infrared.

Selesai Hp bisa berfungsi sebagai remote TV tanpa infrared

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara menjadikan HP sebagai remote TV tanpa infrared yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *