Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Merubah TV Analog ke Digital

2 min read

Cara Merubah TV Analog ke Digital

Cara Merubah TV Analog ke Digital – Pemerintan Indonesia lewat Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebutkan bahwa siaran televisi analog akan dihentikan, selambat lambatnya pada 2 November 2022 jam 24.00 WIB.

Kemudian setelah bermigrasi, siaran televisi akan dilakukan melalui televisi digital, dengan kata lain TV analog akan digantikan dengan TV digital. Hal itu seperti yang disampaikan Mentri Kominfo pada saat itu Johny G Plate saat konfrensi pers Kominfo 2 Desember 2020 kemarin.

Berdasarkan atau sesuai dengan rancangan aturan teknis Lembaga Penyiaran Publik (LPP), Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) dan Lembaga Penyiaran Komunitas jasa penyiaran televisi harus menghentikan siaran televisi analog selambat lambatnya tanggal 2 November 2022, begitu kata Mentri Johny dalam rilis tersebut.

Kemudian yang jadi pertanyaan adalah jika siaran TV analog dihentikan apakah pengguna televisi biasa seperti TV tabung tetap dapat menerima siaran TV? Terkait hal tersebut, pada saat itu dijelaskan bahwa nantinya siaran TV digital masih dapat disaksikan melalui TV analog, namun untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan perangkat khusus sehingga siaran digital dapat disaksikan pada TV analog. Agar lebih jelas, di kesempatan kali ini teknisitv akan membahasnya untuk anda tentang cara merubah TV analog ke digital.

Cara Merubah TV Analog ke Digital

Cara Merubah TV Analog ke Digital.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merubah TV analog ke digital, diantaranya sebagai berikut :

1. Menggunakan Parabola Digital

Menggunakan Parabola Digital

Seperti yang kita ketahui spektrum frekuensi sangatlah terbatas, apalagi untuk penggunaan pada satelit. Sehingga siaran televisi melalui satelit sudah dipaksa melakukan migrasi perangkat penerima ke format digital. Jadi sebenarnya secara tidak sadar masyarakat Indonesia yang tidak terjangkau siaran televisi terestrial sudah secara mandiri melakukan migrasi televisi digital.

2. Cara Merubah TV Analog Menggunakan Set Top Box DVB T2

Menggunakan Set Top Box DVB T2

Supaya bisa tetap menikmati siaran TV digital memakai televisi analog biasa, yaitu dengan cara merubah TV analog ke digital menggunakan bantuan alat bernama Set Top Box DVB T2. Dimana alat ini mempunyai fungsi untuk menerima sinyal TV digital DVB T2. Cara penggunaanya pun sangat mudah, colokan kabel antena UHF/VHF ke perangkat STB kemudian hubungkan STB dengan televisi memakai kabel video dan audio, maka siaran digital akan ditampilkan pada TV analog. Nah itu dia cara merubah analog ke digital memakai Set Top Box DVB T2. Untuk mengetahui mengenai merk STB terbaik, bisa dilihat pada artikel sebelumnya dari teknisitv dengan judul SET TOP BOX TV DIGITAL TERBAIK.

3. Memakai TV LED Yang Sudah Dilengkapi Tuner DVB T2 Built In

Tuner DVB T2 Built In

Sinyal digital di Indonesia dipancarkan dengan format DVB T2, maka perangkat penerima atau televisi harus support atau memiliki tuner DVB T2. Jadi salah satu cara merubah TV analog ke digital yaitu dengan menggunakan televisi yang sudah dilengkapi atau tertanam tuner DVB T2 didalamnya. Televisi keluaran terbaru sekarang ini ummumnya sudah memakai teknologi digital, namun pastikan dulu jenis tuner apa yang dipakai, apakah DVB T2 atau hanya DVB T saja. Sebab untuk dapat menangkap siaran digital diperlukan tuner jenis DVB T2.

Efisiensi

MASTER TROUBLESHOUTING

Merubah siaran analog ke digital ini sudah menjadi tren didunia sejak tahun 2007 seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan internet, selain itu latar belakang perubahan siaran ke digital ini terkait dengan efisiensi. Seperti yang kita ketahui frekuensi radio yang dipakai TV analog berada pada pita 700 MHz yang juga merupakan pita untuk layanan internet, karena itulah seluruh dunia melakukan penghematan pemakaian pita 700 MHz dengan memanfaatkan TV digital yang lebih efisien. Penghematan spektrum itu bisa dipakai untuk meningkatkan kualitas layanan internet, pendidikan dan kesehatan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara merubah TV Analog ke digital yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *