Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Update Firmware TV LED Polytron

2 min read

Cara Update Firmware TV LED Polytron

Cara Update Firmware TV LED Polytron – Seiring perkembangan zaman dan juga tekhnologi, sebuah perangkat elektronik mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dulu sebuah perangkat elektronik bisa mempunyai ukuran yang besar serta bentuk yang biasa saja, tapi sekarang ini sudah ada yang berukuran kecil, simpel dan mempunyai bentuk yang beragam.

Salah satu perangkat elektronik tersebut adalah televisi. jika dulu televisi memiliki bentuk yang sederhana dan besar serta berat, sekarang sudah tidak lagi. Munculnya tekhnologi layar LCD / LED membuat banyak sekali perubahan pada perangkat elektronik yang satu ini, diantaranya yaitu jika dulu untuk televisi ukuran 32 inch memiliki berat mencapai 10 kg namun sekarang untuk televisi ukuran 32 inch hanya 2 kg beratnya.

Dengan segala kemajuan dan perkembangan inovasi yang dialami perangkat elektronik yang satu ini, berimbas pula pada proses penanganan dalam perbaikan ataupun penyelesaian suatu kerusakan yang menimpa pada televisi. Misalkan saja pada kasus TV POLYTRON TIDAK BISA MENYALA, maka yang harus dilakukan adalah mengeflash atau mengupdate firmware TV Polytron tersebut.

Update firmware ini dimaksudkan untuk mengatasi kerusakan pada televisi yang terjadi pada bagian softwarenya (perangkat lunak). Serta bisa untuk memperbarui atau menyempurnakan firmware yang telah terpasang pada TV Polytron.

Cara Update Firmware TV LED Polytron

Cara melakukan update firmware pun tidak sesulit yang dibayangkan, bahkan tergolong sangat mudah. Namun bukan berarti tidak ada yang masih kebingungan untuk melakukannya, maka dengan melihat hal tersebut disini teknisitv akan membagikannya untuk anda tentang cara update firmware TV LED Polytron. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini.

Metode Flash Firmware TV

Metode Flash Firmware TV

Terdapat dua cara yang biasa dipakai untuk proses flash firmware TV.

Yang pertama dengan memanfaatkan flasdisk sebagai alatnya. Cara ini banyak dipakai untuk mengupdate atau mengeflash TV LCD maupun LED yang sudah mendukung fitur USB pada mainboardnya.

Kemudian metode yang kedua upgrade atau flash firmware yaitu menggunakan alat khusus yang bernama USB flasher, eeprom programmer, flash programmer dan masih banyak lagi istilah namanya. Metode cara melakukannya yaitu dengan mencabut IC flash atau bisa juga dengan langsung menghubungkan kabel programer ke IC flash, kemudian memasukan data firmware memakai bantuan alat programmer melalui komputer.

Jadi untuk update firmware TV tentunya harus mempunyai file firmware update terlebih dahulu, selain itu file firmware juga harus disesuaikan dengan tipe dari televisi yang akan di update atau di flash.

Flash firmware menggunakan metode yang kedua lebih banyak disukai para teknisi televisi karena sebelum melakukan flashing kita dapat membaca isinya serta mengetahui apakah IC ada atau tidak isinya. Maksudnya adalah kalau ada TV dengan firmware yang masih normal, kita bisa baca isinya lalu disimpan dalam bentuk file di komputer. Sehingga sewaktu waktu bisa digunakan untuk memperbaiki televisi yang rusak lainnya.

Update Firmware TV Polytron

Update Firmware TV Polytron

Sebelum masuk proses update firmware, ada beberapa persiapan yang harus ada atau diketahui terlebih dahulu yaitu :

  • File firmware update
  • Flashdisk atau cardreader

Untuk file firmware update bisa didapatkan dengan cara mendownload di situs situs resmi dari Polytron, atau bisa juga pada artikel dari teknisitv yang sudah publish dengan judul KUMPULAN FIRMWARE LED POLYTRON. Disitu bisa anda download file firmware update dari berbagai tipe TV Polytron secara gratis. Berikut langkah langkah update TV LED Polytron :

  1. Yang pertama download firmware, tentunya disesuaikan denga tipe TV Polytron yang akan di update.
  2. Setelah itu pindahkan file firmware ke flashdisk, lalu ekstrak file kemudian simpan diluar folder.
  3. Selanjutnya kabel TV dari sumber listrik, terus masukan atau colokan flashdisk ke port USB yang ada pada TV.
  4. Kemudian tekan serta tahan tombol power pada TV, sambil mencolokan kabel televisi pada sumber listrik.
  5. Jangan lepas tombol power hingga televisi hidup, maka proses update berjalan.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses update selesai, kurang lebih 5 menit.
  7. Selanjutnya setelah proses selesai, cabut kabel televisi kemudian colokan kembali.
  8. Selesai.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai cara update firmware TV LED Polytron yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan solusi mengenai permasalahan tersebut.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *