Kenapa RCTI Tidak Ada di TV Digital : Penyebab & Solusi

Kenapa RCTI Tidak Ada di TV Digital – Pemerintah melalui Kominfo mematikan siaran TV analog atau sering disebut juga dengan Analog Switch Off (ASO) pada tanggal 2 November 2022 kemarin. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari program pemerintah yang akan mengganti sistem penyiaran yang ada yaitu analog menjadi siaran TV digital.

Dengan adanya migrasi atau peralihan sistem siaran ini nantinya masyarakat akan diuntungkan dalam hal kualitas siaran televisi, yang mana dengan siaran TV digital jumlah channel lebih banyak dan berragam, kualitas gambar dan suara akan jauh lebih baik ketimbang analog. Namun untuk beberapa wilayah yang terjadi tidaklah demikian, ada sedikit permasalahan yang timbul dimana setelah beralih ke siaran digital ternyata siaran yang muncul tidak seperti biasanya (banyak saluran televisi yang tidak ada).

Dari informasi yang didapat di dunia maya atau media sosial, banyak yang mengeluhkan kenapa siaran MNC Group seperti RCTI, MNC TV dan lainnya tidak ada di TV digital. Jika terjadi hal tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya tidak usah panik. Kenapa demikian? ya karena sebenarnya insfrastruktur pemancar dari media diatas yakni RCTI dan lainnya telah siap berada di jaringan TV digital. Namun karena proses migrasi ini masih dalam tahap implementasi dan penataan terkadang beberapa saluran televisi tiba-tiba hilang dan muncul kembali.

Terkait dengan pertanyaan kenapa RCTI tidak ada di TV digital, dikesempatan kali ini teknisitv akan berbagi informasi seputar permasalahan tersebut. Jadi bagi yang ingin mengetahui atau sedang mencari jawaban kenapa RCTI tidak ada di TV digital, simak ulasan dari teknisitv tentang kenapa RCTI tidak ada di TV digital berikut ini.

Penyebab Kenapa RCTI Tidak Ada di TV Digital

PENYEBAB KENAPA RCTI TIDAK ADA DI TV DIGITAL

Untuk menjawab pertanyaan kenapa RCTI tidak ada di siaran digital, sebenarnya penjelasan diatas juga sudah cukup mewakili atau sebagai jawaban dari pertanyaan ini. Namun untuk lebih memperjelas, berikut teknisitv sertakan penyebab kenapa RCTI tidak ada di siaran digital.

1. RCTI Belum Atau Tidak Melakukan Migrasi

Dikutip dari detik jateng, Pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud Md memberi pernyataan bahwa MNC Group termasuk RCTI didalamnya telah melanggar peraturan perundang-undangan dengan tidak melakukan migrasi analog ke digital. Imbas dari pelanggaran tersebut Pemerintah memutuskan untuk mencabut izin TV MNC Group.

Seperti kita ketahui proses peralihan siaran analog ke digital atau ASO berakhir pada 2 November 2022 pukul 24.00 WIB, namun setelah lewat tanggal tersebut ternyata masih ada stasiun TV yang menayangkan siaran analog yaitu RCTI, Global TV, MNC TV, iNews, ANTV, TV One dan Cahaya TV.

Namun jika RCTI sudah melakukan migrasi ke siaran digital tetapi channel RCTI masih tidak ada di TV digital sebenarnya penyebabnya sudah dibahas diartikel SIARAN RCTI HILANG, tapi untuk lebih jelas lagi berikut beberapa penyebab kenapa RCTI tidak ada di TV digital.

2. Sinyal Digital Di Lokasi Tempat Tinggal Masih Lemah Atau Tidak Ada

Kenapa RCTI tidak ada di digital bisa jadi karena sinyal di wilayah tempat tinggal Anda tidak ada atau masih lemah. Untuk mengeceknya bisa dengan menggunakan aplikasi SinyalTVdigital.

3. Penggunaan Perangkat Yang Kurang Berkualitas

Kemudian kenapa RCTI tidak ada di digital juga bisa akibat perangkat yang digunakan seperti antena, kabel coaxial, STB yang kualitasnya kurang bagus dimana hal tersebut dapat menyebabkan kualitas sinyal digital ditangkap tidak maksimal.

4. Kesalahan Setting

Kesalahan setting seperti salah kode pos, arah dan ketinggian antena kurang pas, kabel salah colok dan sebagainya akan berakibat pada siaran digital tidak bisa ditampilkan dilayar TV.

5. Cuaca Buruk

Kenapa RCTI tidak ada di siaran digital bisa jadi karena adanya cuaca buruk seperti hujan lebat disertai angin, dimana hal tersebut bisa mengakibatkan sinyal siaran tidak tertangkap sempurna.

Cara Mengatasi RCTI Tidak Ada di TV Digital

Setelah mengetahui penyebab permasalahan, selanjutnya masuk pada langkah mengatasinya. Ya kenapa RCTI tidak ada pada siaran digital bisa diatasi dengan langkah=langkah dibawah ini.

  1. Mengganti semua komponen yang memiliki kualitas kurang baik
  2. Cek dan setting ulang semua pengaturan dan pastikan semua sudah terpasang seperti seharusnya
  3. Lakukan pencarian ulang channel TV digital secara otomatis
  4. Jika sudah scan ulang secara otomatis tapi RCTI masih tidak ada, coba cari saluran RCTI dengan cara manual.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai kenapa RCTI tidak ada di TV digital yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta dapat menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini. Terima kasih.

Tinggalkan komentar