Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kerusakan TV LED Changhong

2 min read

Kerusakan TV LED Changhong
Advertisements

Kerusakan TV LED Changhong – Dalam proses memperbaiki sebuah perangkat televisi hendaklah dilakukan dengan hati – hati dan juga ketelitian, sebab televisi merupakan perangkat elektronik yang memiliki tegangan listrik tinggi. Jadi bisa berakibat fatal jika terjadi kesalahan.

Selain itu kerusakan juga belum tentu disebabkan karena ada komponen yang rusak, diantaranya seperti solderan yang kurang baik / rusak sehingga kaki kaki komponen tidak terhubung sempurna ke PCB. Gejala dan penyebab kerusakanyapun bermacam macam, gejala itu bisa berupa TV Changhong mati total, mati standby, protek dan lainnya.

Untuk cara memperbaikinya sebaiknya terlebih dahulu harus mengetahui penyebabnya, agar supaya bisa lebih memudahkan dalam proses perbaikan televisi tersebut dan juga bisa mempercepat proses perbaikan.

Advertisements

Jika pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang KERUSAKAN TV LED TOSHIBA di kesempatan kali ini teknisitv akan membahas lagi mengenai kerusakan pada sebuah televisi yaitu kerusakan TV LED Changhong. Jadi bagi yang ingin mengetahui tentang hal tersebut, bisa simak pembahasanya dibawah ini.

Kerusakan TV LED Changhong

Kumpulan Kerusakan TV Changhong

Kumpulan Kerusakan TV Changhong

Berikut beberapa macam kerusakan yang ditemui pada TV LED Changhong:

1. TV Changhong Backlight Inverter Protek

TV Changhong Backlight Inverter Protek

Kerusakan seperti ini sangat mirip dengan kerusakan pada bagian Tcon ataupun panel LCD, karena itu harus lebih jeli dalam menganalisa kerusakan seperti ini. Apabila televisi mengalami kerusakan seperti ini, pada saat pertama dinyalakan layar akan gelap namun ada kedipan cahaya sesaat pada layar dan setelah itu layar gelap seperti televisi dalam kondisi off tetapi ada suara.

Pada saat dilakukan pengukuran pada setiap bagian power supply, masing masing rangkaian kondisinya normal, tetapi di bagian rangkaian backlight inverter ditemui kejanggalan yaitu pada saat on dibagian primer dan sekunder travo backlight inverter hanya terdapat tegangan sesaat lalu 0 volt sedangkan arus tegangan backlight normal. Pada saat dicoba mengganti semua kapasitor elco yang terdapat dibagian tersebut hasilnya tidak berubah (masih protek).

Yang harus dilakukan untuk mengatasi ptotek pada backlight inverter yaitu dengan melumpuhkan sistem protek tersebut. Untuk TV Changhong sendiri sistem proteknya memakai IC TL494C, dan untuk IC TL494C pin proteknya terdapat pada pin 1 dan pin 16. Dengan mematikan pin protek ini ke ground, maka backlight inverter akan normal kembali dan televisi bisa menyala normal.

2. TV Changhong Mesin Mendesis / Bunyi Ciii..t

TV Changhong Mesin Mendesis Bunyi Ciii..t
Advertisements

Pada sebuah perangkat televisi, regulator merupakan sumber tegangan rangkaian mesin televisi dari yang terkecil hingga yang paling besar. Namun jika terjadi masalah pada regulator, misalnya seperti terdengar bunyi mendesis atau bunyi ciii..t. Biasanya hal ini disebabkan karena adanya salah satu komponen yang rusak atau ada komponen yang mengalami short sehingga menyebabkan terjadinya arus pendek.

Biasanya arus pendek yang menyebabkan bunyi tersebut akan dibarengi dengan hilangnya sebagian atau bahkan semua tegangan supply, dari yang kecil hingga besar. Jika dibiarkan hal ini akan mempengaruhi kerja regulator, bahkan jika dinyalakan dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan regulator terbakar. Apalagi pada televisi yang tidak memiliki sistem protek seperti TV China.

Untuk mengatasi masalah tersebut yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Putuskan jalur tegangan B + Flyback

Jika memutus jalur tegangan B+ sudah dilakukan, selanjutnya nyalakan televisi lalu dengarkan apakan masih terdengar suara. Kalau sudah hilang dan semua tegangan kembali normal, berarti tidak ada masalah pada flyback.

  • Solder Ulang Pin B+ Flyback

Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa flyback memang benar tidak terjadi masalah. Setelah menyolder ulang B+ yang berikutnya yaitu memutus satu persatu jalur tegangan di semua kaki kaki flyback, khususnya Colektor dari yang terkecil hingga besar. Selanjutnya nyalakan televisi lalu dengarkan apakah masih terdengar bunyi, jika sudah tidak terdengar berarti permasalahan ada pada colektor. Biasanya penyebabnya ada salah satu dioda besar yang letaknya ada disekitar kapasitor mengalami short, sehingga terjadi arus pendek. Lakukan penggantian pada dioda untuk mengatasinya.

3. TV Changhong Mati Total

TV Changhong Mati Total

Kemudian kerusakan selanjutnya pada TV Changhong yaitu mati total, penyebabnya bisa karena beberapa faktor. Berikut beberapa faktor tersebut:

  • Faktor alam / cuaca
  • Faktor kesalahan manusia sendiri
  • Faktor usia pemakaian

Karena faktor faktor tersebut diatas bisa menyebabkan komponen yang ada di dalam blok mesin rusak atau lemah, sehingga menyebabkan tevisi mati total. Blok blok tersebut meliputi, :

  • Blok power supply
  • Blok mainboard
  • Bagian firmware

4. TV Changhong Mati Standby

TV Changhong Mati Standby

Untuk kerusakan seperti ini yaitu TV mati standby, ada beberapa penyebabnya seperti :

  • IC dan rangkaian kontrol kotor / lembab
  • Power supply lemah (tidak bekerja maksimal)
  • Ada Tuts yang short / kotor
  • Rangkaian OSC dan driver horizontal ada yang rusak
  • Protect

Berikit ini cara memperbaikinya :

Pertama mulai dari yang sederhana terlebih dahulu, seperti membersihkan rangkaian kontrol dan sekitar IC kontrol memakai kuas dan cairan pembersih. Jika sudah, coba nyalakan televisi.

Selanjutnya jika masalah masih terjadi, lakukan penyolderan ulang pada kaki kaki IC kontrol dan IC prosesor dan rangkaiannya, Kemudian hidupnya TV.

Jika masih belum bisa juga, selanjutnya periksa Tuts dengan cara mencabutnya lalu bersihkan lalu jika sudah pasang kembali dan nyalakan televisi.

Langkah terakhir jika masih belum bisa juga yaitu periksa rangkaian power supply tegangan B+ 100 volt – 115 volt untuk televisi 14 -21 inch dan 135 volt – 145 volt untuk televisi 28 dan 29 inch. Kemudian periksa juga tegangan 5 volt atau 3 volt untuk tegangan IC kontrol dan memori, biasanya elco yang sudah lemah.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai kerusakan TV LED Changhong yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta menambah wawasan bagi para pembacanya.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *