Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kerusakan TV LED LG Layar Gelap

3 min read

Kerusakan TV LED LG Layar Gelap.
Advertisements

Kerusakan TV LED LG Layar Gelap – Untuk mengatasi atau memperbaiki TV LED LG layar gelap, sebelumnya kita harus mengetahui yang dimaksud gelap itu seperti apa. Karena bisa saja disebabkan lampu backlight atau lampu belakang benar benar tidak menyala atau menyala tetapi hanya menampilkan dominan warna hitam, jadi gambar tidak nampak tapi suara normal.

Sebenarnya Permasalahan atau keerusakan layar pada TV LED bukan hanya layar gelap saja. Namun ada berbagai kerusakan yang bisa terjadi pada layar LED, seperti gambar redup, gambar blank, tidak ada gambar dan suara, TIDAK ADA GAMBAR TAPI ADA SUARA atau ada suara tidak ada gambar dan TV LED gelap sebagian.

Permasalahan atau kerusaka seperti tersebut diatas bisa terjadi pada televisi merk LG, Samsung, Sharp, Toshiba dan lainnya. Penyebab kerusakanyapun berbeda beda, tergantung pada jenis kerusakan yang terjadi pada layar LED. Namun umunya penyebabnya tidak jauh berbeda yaitu lampu backlight yang mati dan harus diganti.

Advertisements

Pada kesempatan kali ini teknisitv akan membahas salah satu dai permasalahan tersebut diaatas yang terjadi pada televisi merk LG, yaitu tentang kerusakan TV LED LG layar gelap. Untuk lebih jelasnya simak pembahasannya dibawah ini.

Kerusakan TV LED LG Layar Gelap

Penyebab TV LED LG Layar Gelap

Penyebab TV LED LG Layar Gelap 3

Kerusakan TV LED layar gelap bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya diatas telah disebutkan bahwa lampu backlight yang mati bisa menyebabkan layar TV LED menjadi gelap. Berikut ini beberapa penyebab layar TV LED menjadi gelap :

1. Lampu Backlight Rusak / Mati

Dibalik panel atau layar TV LED terdapat beberapa buah lampu LED, dimana fungsinya yaitu untuk memberi cahaya pada panel supaya gambar bisa terlihat.

Sebelum melakukan pengecekan pada lampu backlight, periksalah tegangan DC yang digunakan untuk menyuplai panel LED. Tegangan DC yang digunakan untuk menyuplai panel LED biasanya berkisar 135 volt.

Tegangan tersebut digunakan untuk mensuplai kurang lebih 45 lampu backlight yang menggunakan rangkaian seri. Jadi jika salah satu lampu backlight mati atau putus maka semua lampu akan mati.

2. Kerusakan Sofware

Penyebab selanjutnya dari TV LED yang layarnya gelap bisa juga disebabkan karena software yang bermasalah. Solusinya yaitu dengan cara melakukan flash pada televisi tersebut memakai firmware yang sesuai atau cocok dengan jenis dan tipe televisi tersebut.

3. Kerusakan IC Dibagian Modul T Con

Jika salah satu IC ada yang short terutama IC dibagian modul T Con juga bisa menyebabkan permasalahan seperti ini. Cara mengeceknya bisa dengan cara menyentuh bagian IC yang berada dekat dengan modul T Con, jika pada saat disentuh terasa panas atau bahkan panas sekali berarti menandakan bahwa IC tersebut bermasalah. Untuk mengatasinya bisa dengan menggantinya dengan yang baru dan tentunya yang memiliki tipe yang sama.

Memperbaiki TV LED LG Layar Gelap

Memperbaiki TV LED LG Layar Gelap

Kerusakan pada layar TV LED LG yang gelap kemungkinan disebabkan karena panel LED pada layar yang biasanya digunakan sebagai pencahayaan latar sedang bermasalah. Permasalahan seperti ini sering ditemukan pada televisi jenis LED, sebab televisi jenis ini memiliki pencahayaan latar (backlight) yang didapat dari cahaya lampu LED.

Disini akan teknisitv bahas tentang cara memperbaiki TV LED LG layar gelap yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi yang sedang menemui permasalahan seperti ini, dengan mengikuti langkah langkah untuk memastikan penyebab kerusakan sekaligus memperbaikinya. Apakah karena disebabkan lampu backlight yang mati atau karena ada kerusakan lain. Berikut cara memperbaiki TV LED LG layar gelap :

1. Cara Pertama Mengecek Lampu Backlight

Cara yang paling simpel untuk digunakan yaitu bisa dengan menggunakan bantuan senter atau senter HP, caranya pastikan televisi pada posisi On atau menyala lalu arahkan senter pada layar TV LED apakah ada pencahayaan didepan layar tersebut. Jika penyebab kerusakan TV tersebut karena cuma lampu backlightnya yang mati, maka pada layar akan terlihat gambar tayangan siaran televisi.

Hal ini menandakan bahwa layar atau panel TV LED LG normal atau tidak bermasalah dan yang bermasalah adalah lampu backlightnya saja. Solusinya tentu saja harus mengganti lampu backlight tersebut.

2. Cara Kedua Mengatasi TV LED LG Layar Gelap

Cara kedua ini dilakukan setelah dilakukan pengecekan pada lampu backlight seperti pada cara pertama diatas yang hasilnya adalah bahwa panel atau layar TV LED LG tidak bermasalah atau normal.

Langkah pertama yaitu dengan membongkar televisi tersebut lalu cek bagian tegangan backlight dan fokuskan pada bagian inverternya. Biasanya output tegangan inverter keluar pada TV LED LG berkisar antara 55 volt DC hingga 95 volt DC tergantung kebutuhan televisi.

Selanjutnya pastikan pengecekan ketika posisi nyala terdapat tegangan berdenyut, hal ini untuk memastikan apakah power supply untuk bagian backlight normal ataukah tidak. Jika terdapat tegangan berarti menandakan power supply masih normal. Hal ini juga berlaku pada televisi merk lain mengenai penanganan TV LED layar gelap, untuk penerapan service serta langkah langkah pengukuran kurang lebih sama.

Kemudian masuk ke tahap paling penting dalam proses ini yaitu pembongkaran cassing atau frame depan panel LED, yang harus ekstra hati hati. Sebab jika panel LED sampai rusak atau pecah akan susah mencari gantinya dan harganya pun cukup mahal.

Selanjutnya setelah dibongkar, angkat panel LED dengan hati hati dan taruh di tempat yang aman. Lalu angkat fibernya, maka akan terlihat lampu backlightnya. Setelah itu ukur lampu backlight, bisa dengan menggunakan tester backlight atau bisa juga di ukur satu persatu sampai menemukan lampu backlight yang putus atau mati. Kemudian setelah ketemu, ganti lampu backlight yang putus tersebut dengan yang baru.

3. Cara Ketiga Mengatasi TV LED LG Layar Gelap

Sebelum masuk pada langkah langkanya, yang perlu dilakukan adalah melepaskan kabel screen, kapasitor screen kabel fokus di soket CRT. Kemudian siapkan kabel yang mana ujung kabel dikasih dioda kecil untuk short. Berikut ini langkah langkahnya :

  • Pertama ujung kabel yang telah disiapkan tadi disolder lalu hubungkan pada tegangan 180 volt ( bisa melalui kaki flyback atau CRT).
  • Untuk ujung lainya yang terdapad dioda jangan disolder. Sebab akan disentuh G2.
  • Kemudian nyalakan televisi sampai start.
  • Setelah itu ambil ujung kabel yang berdioda lalu shortkan pada pin G2 (bebas sentuh). Maka akan terdengar bunyi didalam tabung televisi.
  • Selanjunya matikan televisi kembali lalu lihatlah apakah gambar sudah terlihat atau keluar. Gambar akan kembali normal jika tabung atau G2 masih normal atau tidak ada masalah. Begitu sebaliknya bila jika tabung atau G2 bermasalah, maka gambar tidak akan keluar.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai kerusakan TV LED LG layar gelap yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat serta menambah wawasan bagi para pembacanya.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *