Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kode Remot TV LG

3 min read

Kode Remot TV LG

Kode Remot TV LG – Seperti yang kita ketahui bersama TV LG merupakan produk dari LG Electronics Indonesia, salah satu perusahaan produsen elektronik yang ada di Indonesia. TV LG merupakan salah satu merk perangkat televisi yang cukup banyak peminatnya di Indonesia, sebab terkenal memiliki kualitas yang bagus, awet dan juga harganya yang terjangkau untuk kalangan masyarakat di Indonesia.

Tidak jauh berbeda dengan perusahaan produsen elektronik lainnya, LG Electronics juga menghadirkan atau memproduksi televisi dalam berbagai jenis, seperti jenis tabung, LCD, LED dan tentunya televisi dengan teknologi terbaru sekarang ini seperti Smart TV.

Sedangkan kode remot adalah kombinasi tiga digit angka yang berguna untuk proses setting remot universal, dengan cara kode remot tersebut ke pengaturan remot universal agar remot bisa berfungsi layaknya remot bawaan dari televisi. Kode remot untuk tiap – tiap merk TV berbeda, seperti Samsung, LG, Polytron, Sharp dan lainnya memiliki kode remot masing – masing.

Jika pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang KODE REMOT TV SAMSUNG TABUNG. Sesuai dengan judul artikel di atas di kesempatan kali ini kembali teknisitv akan membahas mengenai kode remot, tepatnya yaitu kode remot TV LG. Agar lebih jelas, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Kode Remot TV LG Tabung dan LCD / LED

Kode Remot TV LG Tabung dan LCD LED

Salah satu permasalahan yang muncul bagi para pengguna televisi yaitu remot bawaan atau remot ori rusak atau bahkan hilang. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya kehati – hatian dalam menggunakan remot atau bisa juga karena emang usia remot yang sudah lama sehingga mengalami kerusakan.

Jika sudah begitu maka perlu dilakukan penggantian pada remot. Namun untuk mencari pengganti remot yang rusak atau hilang dengan yang sama atau remot ori, akan sangat susah mendapatkannya. Sebab seperti yang kita ketahui jarang sekali produsen menjual produk remot secara terpisah, sekalipun ada akan dipatok dengan harga yang mahal. Selain itu karena remot bawaan dijual satu paket dalam pembelian sebuah perangkat televisi.

Solusi terbaik dari permasalahan tersebut adalah melakukan penggantian remot bawaan dengan remot universal. Remot jenis universal ini selain harganya murah, juga bisa digunakan pada hampir semua merk televisi. Namun sebelum bisa berfungsi layaknya remot bawaan, sebelumya harus dilakukan proses setting terlebih dulu dengan cara memasukan kode remot yang sesuai dan cocok dengan jenis dan merk TV. Berikut kumpulan kode remot TV LG yang bisa anda gunakan untuk setting remot universal :

1. Kode Remot TV LG Tabung

Bagi para pengguna TV tabung, bisa pilih salah satu kode remot di bawah ini untuk proses setting :

024, 043, 103, 140, 260, 261, 259

2. Kode Remot TV LG LCD / LED

Untuk pengguna TV LCD maupun LED bisa menggunaka salah satu kode dibawah ini :

024, 140

Pilih dan gunakan salah satu dari kombinasi tiga digit angka tersebut untuk proses setting remot, tentunya sesuaikan dengan jenis TV yang digunakan.

Cara Setting Kode Remot TV LG

Cara Setting Kode Remot TV LG

Setelah mengetahui atau mendapatkan kode remotnya, langkah selanjutnya yaitu proses setting remot universalnya agar bisa digunakan. Berikut langkah langkah yang bisa diikuti :

  1. Pertama siapkan remot universal, pastikan sudah terisi baterai.
  2. Kemudian tekan serta tahan tombol SET lalu tekan tombol Power, tunggu hingga lampu indikator nyala.
  3. Jika lampu indikator sudah nyala, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Selanjutnya masukan kode remot, pilih salah satu kode diatas.
  5. Jika kode remot yang dimasukan sesuai dan cocok, lampu indikator akan mati secara otomatis.
  6. Remot universal siap digunakan.

Kemudian jika ternyata remot masih belum bisa berfungsi, ulangi langkah tersebut diatas dengan memasukan kode remot yang berbeda. Ulangi langkah – langkah tersebut sampai menemukan kode remot yang cocok.

Cara Setting Remot Tanpa Kode

Cara Setting Remot Tanpa Kode

Berikut merupakan cara alternatif yang bisa dicoba untuk setting remot tanpa menggunakan kode remot. Caranya cukup mudah, hanya dibutuhkan kesabaran saja sampai remot tersinkronisasi dengan TV. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

1. Pertama pastikan TV pada posisi menyala.

pastikan TV pada posisi menyala

2. Kemudian arahkan remot pada lampu indikator di TV, lalu tekan dan tahan tombol SET hingga lampu indikator remot nyala.

tekan dan tahan tombol SET hingga lampu indikator remot nyala

3. Selanjutnya tekan tombol Volume (+) beberapa kali sampai muncul icon volume di layar TV.

tekan tombol Volume beberapa kali sampai muncul icon volume di layar TV.

4. Setelah itu tekan tombol Volume (-), jika volume TV berkurang menandakan remot sudah bisa berfungsi dan setting remot berhasil.

tekan tombol Volume jika volume TV berkurang menandakan remot sudah bisa berfungsi dan setting remot berhasi

5. Jika ternyata masih belum bisa berfungsi, ulangi langkah ke 3 sampai remot benar – benar bisa bekerja.

6. Kalau sudah selesai, tekan tombol SET hingga lampu indikator remot mati.

tekan tombol SET hingga lampu indikator remot mati.

Tips Merawat Remot Agar Awet

Tips Merawat Remot Agar Awet

Agar remot bisa tahan lama dan terhindar dari yang namanya kerusakan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut :

1. Pakaikan sarung khusus remot.

Gunakan sarung khusus remot agar remot terhindar dari debu atau cairan apapun, sebab jika ada debu ataupun cairan yang masuk ke tombol remot dapat menyebabkan remot tidak bisa bekerja dengan baik bahkan bisa konslet.

2. Gunakan baterai yang berkualitas.

Untuk menjaga remot agar tetap awet, sebaiknya gunakan baterai yang mempunyai kualitas baik dan tidak mudah bocor maupun mengembung.

3. Box tempat naruh remot.

Agar remot tidak mudah hilang, sediakan tempat khusus untuk menaruh remot, jadi jika sudah tidak dipakai taruh remot di tempat tersebut. Dengan adanya box ini juga akan membuat remot terhindar dari hal – hal yang tak diinginkan seperti terinjak dan lainnya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai kode remot TV LG yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu bagi yang sedang mencari informasi tentang kode remot TV LG serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Kode Remot TV TCL Tabung

Budi
2 min read

Kode Remot TV LG LED

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *