Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

2 min read

Advertisements

Nusantara HD Tidak Ada Siaran – Nusantara HD adalah receiver yang dikeluarkan oleh salah satu penyedia layanan TV berlangganan yang ada di Indonesia yakni TransVision. Sinyal frekuensi Nusantara HD dipancarkan melalui dua satelit sekaligus, yaitu satelit Telkom 4 untuk parabola besar C Band dan Satelit Measat 3b untuk parabola mini Ku Band.

Receiver Tanaka Nusantara HD merupakan receiver rekomendasi dari TransVision sebagai bentuk kerjasama dengan perusahaan pembuat receiver Tanaka. Nusantara HD terkenal memiliki kualitas bagus dengan gambar super tajam kualitas HD, sehingga tayangan dapat dinikmati dengan baik oleh para penggunanya.

Untuk channel siaranya sendiri Nusantara HD memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan receiver lain, diantaranya seperti channel lokal nasional terlengkap dan gratis selamanya tanpa perlu berlangganan, kemudian ada channel bonus gratis yang bisa dinikmati selama jangka waktu tertentu, lalu ada juga channel premium. Meskipun channel premium hanya dapat disaksikan melalui voucher berlangganan, namun harga paketnya cukup murah mulai dari 5000/bulan.

Advertisements

Sesuai judul artikel diatas, di kesempatan kali ini teknisitv akan memberikan informasi seputar Nusantara HD tidak ada siaran atau siaran gelap. Jadi buat yang sedang mencari informasi atau ingin mengetahui penyebab dan cara mengatasi Nusantara HD tidak ada siaran, simak ulasan dari teknisitv tentang Nusantara HD tidak ada siaran berikut ini.

Penyebab Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Sebelum masuk ke pemecahan masalah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan penyebab dari Nusantara HD tidak ada siaran atau siaran gelap. Adapun penyebab Nusantara HD tidak ada siaran adalah sebagai berikut :

  • Masa aktif seluruh paket telah habis
  • Masa aktif channel bonus telah habis
  • Kesalahan pada LNB atau pengaturan LNB
  • Masalah pada saat upgrade OTA

Setelah mengetahui penyebab permasalahan, selanjutnya adalah masuk ke tahap penyelesaian masalah. Adapun cara mengatasi tidak ada siaran akan dibahas secara lengkap berikut ini.

Mengatasi Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Dibawah ini merupakan solusi atau cara mengatasi dari penyebab Nusantara HD tidak ada siaran diatas :

1. Pembelian Nusantara HD Sudah Lebih Dari Dua Tahun

Tidak ada siaran atau siaran gelap bisa akibat dari habisnya masa aktif seluruh paket, jika tidak pernah mengisi ulang paket. Jika sudah begitu solusinya adalah dengan menghubungi CS Nusantara HD untuk laporan sehingga nantinya siaran lokal diaktifkan kembali atau bisa dengan cara membeli salah satu paket yang ada maka secara otomatis siaran lokal akan aktif kembali beserta channel premium yang dibeli.

2. Pembelian Nusantara HD Baru Satu Atau Dua Bulan

Jika usia pakai baru satu atau dua bulan namun Nusantara HD tidak ada siaran, biasanya channel siaran yang hilang/gelap adalah siaran dari channel bonus. Jadi pastikan memahami betul prosedur atau skema mengenai bonus channel, sebab bonus all channel hanya aktif satu hingga dua bulan saja setelah itu siaran bonus all channel akan hilang/gelap hanya menyisakan paket minipack dan siaran lokal saja.

3. Kesalahan Pada LNB Atau Pengaturan LNB

Siaran gelap/hilang bisa karena kurang seimbangnya sinyal H dan V. Pada permasalahan seperti ini bisa terjadi biasanya akibat tegangan 18V tidak sampai ke LNB. Ada bebrapa hal mengapa tegangan 18 volt tidak sampai ke LNB, diantaranya seperti konektor kendor, sambungan tidak sempurna, kesalahan LNB skew, kabel kurang bagus atau bisa juga karena polaritas H LNB mati.

4. Kesalahan Dalam Update OTA

Seharusnya siaran lokal masih tetap bisa dinikmati meskipun paket telah habis, namun jika pada saat update OTA terjadi kesalahan atau kendala yang mengakibatkan tidak selesai dalam proses mengupdate bisa menyebabkan channel siaran lokal seperti RCTI, GTV, MNC TV, SCTV, Indosiar dan lainnya hilang/gelap atau tidak ada siaran. Solusi agar siaran bisa terbuka lagi adalah dengan cara merefresh receiver Nusantara HD, untuk mengetahui cara refresh Nusantara HD bisa dilihat pada artikel sebelumnya dari teknisitv dangan judul CARA REFRESH TRANSVISION NUSANTARA HD.

Namun jika setelah di refresh siaran tetap tidak ada, solusi yang harus dilakukan yaitu dengan upgrade Software receiver untuk membuka kembali siaran yang tidak ada atau gelap. Adapun langkah-langkah upgrade Software receiver Nusantara HD adalah sebagai berikut :

  • Pertama siapkan flashdisk
  • Kemudian unduh file berikut : Download Gratis
  • Simpan file unduhan ke flashdisk, lalu nyalakan receiver dan colokan flashdisk
  • Selanjutnya masuk ke menu di receiver dan pilih Utilitas
  • Kemudian pilih Upgrade Software dan path file unduhan lalu tekan Ok
  • Setelah itu masukan file unduhan tadi lalu klik mulai
  • Maka proses upgrade dimulai, tunggu beberapa saat hingga proses selesai
  • Jika proses upgrade selesai, receiver akan secara otomatis me-restart sendiri lalu cabut flashdisk
  • Setelah itu lihat dan pilih channel T music. cek statusnya dan jika terkunci lakukan refresh akun
  • Kalau ID operator telah keluar (4830), coba cek siaran lokal lainnya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai Nusantara HD tidak ada siaran yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Cara Setting Parabola Tanaka

Budi
2 min read

Cara Beralih ke TV Digital

Budi
3 min read

Cara Memasang Parabola Matrix

Budi
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *