Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV LG Tidak Ada Audio Out

2 min read

TV LG Tidak Ada Audio Out

TV LG Tidak Ada Audio Out – Jika menginginkan kualitas suara yang lebih baik dari hanya sekedar suara speaker TV saja, bisa dengan cara menambahkan speaker eksternal ke sistem. Sehingga nantinya kegiatan seperti menonton film jadi lebih menyenangkan. Untuk menyambungkan speaker eksternal ke TV LG tidaklah sesederhana yang dibayangkan.

Perangkat audio harus disambungkan ke port output audio optik digital, hal ini mengandung arti bahwa perangkat hanya bisa bekerja dengan port ini. Setelah perangkat terhubung, untuk menyesuaikan volume bisa menggunakan remot TV LG. Selain itu jika memiliki headset bluetooth atau soundbar yang didukung dengan LG Sound Sync, untuk menghubungkan kedua perangkat bisa secara nirkabel.

Jadi untuk menyambungkan kedua perangkat, akan tergantung pada speaker yang akan disambungkan. Sebab untuk masing masing speaker berbeda beda mengenai fitur atau port – port yang dimilikinya, apalagi untuk speaker eksternal atau TV LG model lama pastinya akan berbeda.

Sesuai judul artikel diatas, di kesempatan kali ini teknisitv akan membahas atau memberikan informasi seputar TV LG tidak ada audio out. Jadi bagi yang sedang mencari info atau ingin mengetahui mengenai TV LG tidak ada audio out, bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

TV LG Tidak Ada Audio Out

TV LG Tidak Ada Audio Out.

TV LG tidak ada audio out RCA analog, namun memiliki dua output audio yang bisa digunakan untuk menghubungkan TV ke soundbar atau penerima audio lainnya. Selain itu terdapat pula output headphone yang bisa disambungkan ke input RCA Stereo memakai kabel adaptor RCA.

Seperti sudah dikatakan diatas bahwa untuk menghubungkan speaker ekstenal dengan TV LG tidak sesederhana yang dibayangkan, namun ada cara agar bisa membuat semuanya jadi lebih mudah, berikut beberapa opsi yang bisa dilakukan :

  • Menggunakan colokan headphone 1/8 inch untuk menyambungkan colokan RCA stereo (Opsi Analog)
  • Menggunakan kabel Fiber Optik (Opsi Digital)

Pilih salah satu opsi diatas untuk menghubungkan speaker eksternal dengan TV LG, sesuaikan dengan input yang ada di receiver. Menggunakan opsi digital lebih disukai banyak orang karena suara yang dihasilkan yakni Dolby Digital 5.1 surround dari tayangan atau film apapun.

Cara Menyambungkan Speaker Eksternal ke TV LG Model Lama

Cara Menyambungkan Speaker Eksternal ke TV LG Model Lama

Jika tipe TV LG merupakan model lama dan speaker eksternalnya merupakan model terbaru, bisakah keduanya dihubungkan? untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

1. Output Audio Analog

Pada TV LG model lama memiliki soket output audio analog merah dan putih, jadi rasanya tidak mungkin untuk menghubungkan langsung speaker dengan TV. Yang bisa dilakukan yaitu dengan mencolokan sistem Hi-Fi, Soundbar, sistem suara atau penerima home theater ke soket. Sebenarnya menghubungkan peralatan audio ke soket keluaran analog hanya dapat dilakukan jika speaker memiliki power sendiri, dengan kata lain memiliki amp built-in artinya hanya akan berfungsi jika dicolokan langsung ke sumber listrik.

2. Mamakai Koneksi RCA Pada TV LG Model Lama

Dibawah ini merupakan langkah menghubungkan memakai kabel RCA :

  • Ambil kabel RCA lalu hubungkan melalui output audio TV LG
  • Kemudian hubungkan ujung kabel RCA lainnya ke output audio pada speaker eksternal
  • Jika sudah terpasang semua, selanjutnya nyalakan soundbar atau receiver
  • Setelah itu masuk ke pengaturan audio di TV, dalam beberapa kasus bisa juga menggunakan petunjuk penyiapan audio eksternal
  • Berikutnya pilih input pada sistem suara , sehingga akan terdengar output dari TV

Perlu di ingat bahwa keluaran RCA bergantung pada konten dua saluran stereo, dimana dijalankan dari TV ke perangkat soundbar. Jadi pastikan melihat peningkatan perangkat seperti suara surround atau audio soundstage jika menggunakan pengaturan koneksi analog dengan soundbar.

Cara Menyambungkan Speaker Pada TV LG Model Baru

Cara Menyambungkan Speaker Pada TV LG Model Baru

Untuk para pengguna TV LG model baru, berikut ini penjelasan cara menghubungkannya.

1. TV LG Tidak Ada Audio Out Memakai Koneksi Optik Digital

Di bawah ini merupakan langkah menghubungkan dengan memakai koneksi Optik Digital :

  • Colokan kabel optik digital pada port optik digital audio di TV LG
  • Kemudian colokan ujung lainnya kabel optik ke input optik soundbar, home theater atau penerima lainnya
  • Selanjutnya setelah semua tersambung, masuk ke menu Pengaturan di TV, lalu ke sistem audio
  • Setelah itu pilih optik digital, maka suara akan keluar
  • Namun jika tidak berhasil, masuk ke pengaturan output audio lalu cari Pengaturan PCM.

2. TV LG Tidak Ada Audio Out Memakai Soket HDMI

TV LG keluaran terbaru memiliki banyak fitur canggih, salah satunya yaitu output audio digital, terdiri dari output audio dan port HDMI. Port HDMI ini bisa digunakan untuk video dan audio sekaligus, tetapi sebelumnya periksa dulu spesifikasi TV sebab tidak semua port HDMI berfungsi untuk input dan output. Sama seperti output audio analog, port digital juga bisa membawa audio kesistem soundbar dan home theater.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai TV LG tidak ada audio out yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *