Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip

1 min read

TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip
Advertisements

TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip – Pada kesempatan kali ini teknisitv akan mengulas tentang permasalahan atau kerusakan pada sebuah perangkat televisi . Permasalahan tersebut adalah TV Sharp Aquos lampu power berkedip pada saat televisi dinyalakan atau dihidupkan.

Semahal apapun dan secanggih apapun televisi namanya sebuah barang elektronik pasti akan mengalami apa yang namanya kerusakan, maka dari itu penting untuk selalu menjaga serta merawat perangkat elektronik tersebut.

Banyak bermacam macam JENIS KERUSAKAN yang bisa terjadi pada sebuah perangkat televisi, baik itu jenis tabung, LCD maupun LED. Penyebab kerusakan pun bermacam macam, entah karena kesalahan pengguna atau memang kondisi televisi sendiri yang sudah lama sehingga komponen didalamnya ada yang rusak.

Advertisements

Salah satu kerusakan yang terjadi pada televisi yaitu lampu indikator berkedip. Kerusakan seperti ini biasanya menyerang atau terjadi pada televisi jenis LCD maupun LED. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang permasalahan atau kerusakan tersebut, bisa simak ulasan dari teknisitv dibawah ini.

Penyebab & Cara Memperbaiki TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip

Penyebab Lampu Power Berkedip TV Sharp Aquos

Penyebab Televisi Tidak Ada Suara 1

Biasanya penyebab kerusakan lampu berkedip pada TV Sharp Aquos adalah karena adanya kerusakan data pada firmware eefrom. Eeprom sendiri pada televisi LCD maupun LED yaitu sebuah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data. Juga termasuk keseluruhan data bot tersimpan pada eeprom ini.

Kerusaka pada eeprom bisa berupa data hilang dan rusak atau korup sehingga menyebabkan TV LCD / LED tidak bisa bekerja dengan baik. Dan salah satu akibat yang ditimbulkan adalah lampu power TV Sharp berkedip.

Kerusakan kedipan pada TV Sharp pun bermacam macam, seperti TV Sharp lampu indikator kedip kedip, kedip kedip merah, hijau kedip kedip dan lainnya.

Penyebab eeprom rusak biasanya karena ketika mematikan televisi langsung dengan cara mencabut steker dari sumber listrik, bisa juga karena tiba tiba mati lampu. Selain itu juga bisa juga karena televisi tersambar petir.

Memperbaiki TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip

Memperbaiki TV Sharp Aquos Lampu Power Berkedip

Permasalahan atau kerusakan lampu power atau lampu indikator berkedip sering terjadi pada televisi LCD / LED Sharp yang disebabkan karena data pada eeprom rusak. Berikut langkah langkah mengatasi permasalahan tersebut :

  • Pertama matikan televisi dan cabut steker dari sumber listrik.
  • Selanjutnya tekan dan tahan tombol VOL (-) dan INPUT pada panel kontrol televisi. (jangan dilepas)
  • Kemudian colokan steker ke sumber listrik, tunggu beberapa saat sampai lampu indikator LED berwarna hijau lalu lepaskan. Maka pada layar akan muncul huruf K kotak biru, hal ini menandakan bahwa televisi berarti pada kondisi error.
  • Setelah itu masuk ke mode service dengan cara menekan tombol CH (-) dan VOL (-) secara bersamaan, maka dilayar akan muncul menu atau option.
  • Berikutnya arahkan atau masuk ke halaman 9 lalu cari L ERR Reset, disitu akan tertulis 5 ganti dengan 0.
  • Selanjutnya masuk kehalaman 2 lalu cari Factory Init, disitu akan tertulis Asia kemudian tekan Ok atau Enter. Tunggu benerapa saat hingga layar berubah hijau , lalu cabut steker dari sumber listrik.
  • Terakhir colokan kembali steker ke sumber listrik lalu tekan power atau nyalakan televisi.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai televisi yang lampu powernya berkedip yang bisa teknisitv bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi yang sedang mengalami atau menemui permasalahan seperti ini yaitu televisi LCD maupun LED indikator kedip. Serta juga bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *