Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara

2 min read

TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara
Advertisements

TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara – TV Sharp Aquos merupakan salah satu tipe produk TV LED keluaran dari SHARP. TV ini memiliki banyak kelebihan fitur dibandingkan dengan TV LED sejenis. Namun dengan banyaknya kelebihan tersebut, bukan berarti TV Sharp Aquos lepas dari yang namanya permasalahan atau kerusakan. Seperti halnya dengan televisi lainnya , beberapa macam kerusakan juga bisa terjadi pada TV Sharp Aquos ini.

Salah satu permasalahan atau kerusakan yang bisa terjadi yakni TV SHARP SUARA KECIL atau bahkan TV Sharp yang tidak ada suara atau TV Sharp Aquos suara hilang. Proses perbaikan TV Sharp Aquos yang tidak ada suara sebenarnya sangat mudah untuk dipelajari oleh siapapun, asalkan mengenal komponen dasar dari perangkat elektronik tersebut.

Walaupun tidak menguasai tentang ilmu perbaikan sebuah perangkat elektronik sekalipun, sebenarnya pengguna sangat bisa untuk mengatasi TV Sharp tidak ada suara dengan pengetahuan dasar dan penanganan yang sederhana bisa dilakukan. Misalkan hanya masalah kabel yang mengakibatkan televisi tidak mengeluarkan suara.

Advertisements

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai TV Sharp Aquos tidak ada suara, di kesempatan kali ini teknisitv akan membagikannya untuk anda pembahasan tentang hal tersebut. Jadi bagi yang sedang mencari ulasan atau pembahasan permasalahan seperti tersebut diatas yang terjadi pada TV Sharp Aquos, bisa disimak pembahasannya dibawah ini.

TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara

Penyebab Televisi Suara Hilang

Penyebab Televisi Suara Hilang

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, televisi juga perangkat yang mudah mengalami kerusakan. Walaupun dalam penggunaanya sudah sesuai kebutuhan dan berhati hati, tetapi kerusakan tidak bisa dihindari.

Biasanya kerusakan suara pada sebuah perangkat televisi disebabkan oleh berbagai hal, perbedaan penyebab kerusakan tentunya akan mempengaruhi tentang cara penanganan dan juga mengatasinya. Secara umum penyebab kerusakan TV Sharp Aquos suara hilang atau tidak ada suara adalah :

  • Kerusakan pada speaker
  • Kerusakan pada IC Audio
  • Ada jalur yang putus

Langkah Memperbaiki Televisi Tidak Ada Suara

Langkah Memperbaiki Televisi Tidak Ada Suara

Berikut ini merupakan langkah yang bisa digunakan untuk memperbaiki televisi yang suaranya hilang atau tidak ada.

1. Pastikan Pengaturan Suara Benar

Pada setiap perangkat televisi terdapat fitur yang bernama mute, yang fungsinya untuk mematikan fungsi suara. Jadi jika mute berada pada mode aktif, secara otomatis TV tidak akan mngeluarkan suara sekalipun dipindah ke channel lain. Tanda televisi berada pada mode mute yaitu dipojok dilayar TV terdapat gambar speaker yang disilang. Untuk menonaktifkan tekan kembali tombol mute yang ada di remot. Jika setelah mode mute tidak aktif tapi suara masih tidak keluar, lanjutkan ke pengecekan selanjutnya,

2. Pastikan Input TV

Sebelum melakukan pembongkaran pada perangkat TV, sebaiknya periksa terlebih dahulu bagian Input. Periksa kabel RCA, pastikan program tidak pada posisi mute. Sentuh jack RCA yang berwarna merah dan putih, jika ada respon atau terdengar suara dari speaker berarti yang bermasalah adalah bagian sumber input. Kerusakannya ditandai dengan adanya dengung atau kemresek pada suara yang terdengar dari speaker. Ganti kabel RCA dengan yang baru untuk mengatasinya.

3. Cek Tegangan Jalur Audio

Selanjutnya periksa bagian amplifier dengan cara nyalakan televisi lalu sentuh input kaki IC Power Amplifier, untuk melakukannya terlebih dahulu harus mengetahui letak posisi blok audio. Sebab jika salah sentuh maka akan sangat berbahaya. Setelah ketemu IC, selanjutnya cari data ICnya yang akan disentuh. Terdapat di kaki nomer berapa pada bagian input.

Jika pada saat disentuh, tidak ada respon sama sekali dari speaker berarti terjadi kerusakan pada speaker. Sebab jika speaker normal maka akan terdengar suara dengung kacil pada saat disentuh. Namun terlebih dahulu cek speaker menggunakan Ohm meter.

Selanjutnya cek tegangan power supplay pada jalur blog power amplifier, besarnya tegangan antara 12-15 Volt DC. Jika setelah di cek ternyata tegangan tidak ada, coba copot beban dari IC power amplifier. Jika masih tidak ada tegangan, bisa dipastikan power audio short. Melihat hal tersebut bisa jadi elco filter dari output regulator kering.

4. Power Audio Normal Tapi Tidak Ada Suara Dari Input

Jika hal seperti ini terjadi, bisa ada dua kemungkinan yaitu yang pertama IC control mati kemudian yang kedua adalah ada komponen pendukung yang mati.

Cara mengatasinya yaitu dengan memeriksa serta amati dengan seksama keadaan solderan secara detail. Apakah ada bagian solderan yang sudah mulai renggang, bila perlu lakukan penyolderan ulang pada kaki kaki IC kontrol dan IC audio.

Lakukan pengecekan pada elco pembatas input di kaki audio, kemudian cek IC control apakah masih bagus atau sudah rusak. Caranya yaitu sebagai berikut,

Pertama sentuh bagian input IC control, untuk mengetahuinya letaknya terlebih dahulu cari data sitenya atau bisa dengan mengurutkan dari soket input. Setelah ketemu, sentuh dan jika ada respon berarti IC control normal sebaliknya jika tidak ada respon berarti IC mati.

5. Cek Speaker

TV Sharp Aquos yang tidak ada suara sama sekali bisa terjadi karena kondisi speaker yang rusak. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa speaker merupakan komponen utama pada televisi yang berfungsi untuk mengeluarkan suara. Jadi cek kondisi speaker apakah masih normal atau sudah rusak.

Cek speaker menggunakan Ohm meter, jika masih nyambung berarti menandakan kondisi speaker masih bagus. Biasanya speaker yang rusak disebabkan karena gulungan tembaga didalam speaker putus atau bisa juga kabelnya yang putus sehingga suara tidak keluar.

Akhir Kata

Demikian artikel dari teknisitv tentang pembahasan mengenai TV Sharp Aquos tidak ada suara. Semoga bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan bagi para pembacanya.

Advertisements
Budi Seorang teknisi TV yang sehari-hari memperbaiki TV serta aktif menulis pengalaman di website teknisitv.com

Menu Service TV Sanyo

Budi
3 min read

Nusantara HD Tidak Ada Siaran

Budi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *